dari hati untuk semua….

REPUBLIKA.CO.ID, TEANECK–Kekuasaan Allah SWT terlihat begitu nyata di salah satu kota di Amerika Serikat (AS), Teaneck, yang masuk wilayah Bergen, New Jersey. Di kota yang berpenduduk mayoritas Yahudi ini baru saja terpilih seorang wali kota bernama Mohammed Hameeduddin. Dia adalah wali kota pertama yang beragama Islam di wilayah yang didominasi Yahudi tersebut.

Dua tahun lalu, dia terpilih menjadi anggota dewan kota setempat. Jumat (30/6) waktu setempat, Dewan Kota Teaneck menggelar pemilihan untuk menentukan seorang wali kota. Dari tujuh anggota dewan kota, Hameeduddin, berhasil meraih lima suara. Dalam pemilihan tersebut, dia bersaing dengan seorang kandidat bernama Lizette Parkaer. Sejak tahun 2006, perempuan yang satu ini telah menjabat sebagai wakil wali kota setempat. Selain menjadi wakil wali kota, dia juga menjadi anggota dewan kota.

Dalam pemilihan itu, Parker hanya mendapat dua suara, yakni satu suara dari dirinya, dan satu lagi dari seorang anggota dewan kota, Barbara Toffler. Jika terpilih, Parker akan menjadi perempuan pertama yang bisa menjadi wali kota di wilayah tersebut. Namun kenyataannya dia gagal. Para pendukung Parker kemudian menganggap kekahalan calonnya itu lebih karena faktor gender.

Sebagian warga Yahudi setempat pun melihat terpilihnya Hameeduddin dengan sikap skeptik. Mereka khawatir, wali kota terpilih akan memimpin wilayah tersebut dengan interes pribadi yang kuat. Kekhawatiran itu tidaklah dominan. Kini Teaneck memiliki 14 sinagog (tempat peribadatan Yahudi), dan banyak toko-toko alat perlengkapan masyarakat Yahudi

Red: irf
Sumber: NorthJersey.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: